Tuesday, October 8, 2013

KLIPING TENTANG INTERNET

Hari ini saya akan share 2 contoh KLIPING TENTANG INTERNET yang bisa anda simak di bawah ini:

Akses internetApa itu internet? Selama ini kita sering mendengar istilah internet dari seluruh dunia.
Internet (interconnection networking) merupakan jaringan computer yang menghubungkan computer-komputer diseluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan computer di mana antara satu computer dengan computer lain saling dapat nerhubungan satu dengang yang lain atau berkomunikasi.
Berselancar di internet sangatlah menyenagkan , manfaat yang dapatkan pun juga sangat beragam dengan syarat anda harus menguasai teknik berserta tip dan trik dalam menjelajahi internet.
Jika anda ingin berselancar dalam internet maka anda harus terhubung terlebih dahulu dengan internet yaitu computer telah memiliki modem yang akan digunakan untuk bisa terhubung dengan internet dan kita telah mendaftarkan diri dalam Internet Servis Provider (ISP) atau kita berlangganan denagn warnet yang terdekat dengan rumah kita.

Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur

A.    Internet Eksplorer
Internet explorer adalah browser yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet yang memakai windows sebagai sitem operasinya. Browser internet Eksplorer juga dapat berfungsi sebagai FTP dan e-mail.
  • Menjalankan Internet Eksplorer
Untuk menjalankan internet Ekplorer , langkah-langkah adalh sebagai berikut:
1.      Klik start, all program, Iternet Eksplorer
2.      Kemudian browser Internet Eksplorer akan tampil
B.    Mengenal tampilan internet Eksplorer
  • Title bar
Terletak di sebelah kiri atas pada jendela internet Eksplorer yang merupakan judul dari halaman web yang sedang aktif
  • Menu bar
Menu bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat dalam jendela dalam jendela internet Eksplorer atau browser lainya.
Adapun menu yang terdapat dalam menu bar antara lian:
File, edit, view, faforites, tools, dan help
  • Address Bar
Address bar di gunakan untuk mengetikan alamat website yang akan di kunjungi. Address bar di lengkapi sebuah tombol Go yang fungsinya di gunakan untuk membuka website yang alamatnya telah di ketikan pada address bar.
  • Toolbars
Jendela internet Eksplorer juga di lengkapi dengan toolbar yang memuat tombol-tombol perintah tersebut merupakan shortcut perintah yang terdapat di menu. Masing-masing tombol menjalankan sebuah perintah.
Berikut adalah toolbar terdiri ata ikon-ikon standar  yang sering di gunakan dalam akses internet:
notombolketerangan
  1.           i.
BackDi gunakan untuk kembali ke halaman webite yang dibuka
  1.         ii.
forwardDi gunakan untuk kembali ke halaman berikutnya yang pernah di buka
  1.       iii.
StopDi gunakan untuk menhentikan proe pemanggilan (loading) sebuah halaman web
  1.      iv.
RefreshDi gunakan untuk mengulangi proses pemangilan sebuah halaman web
       v.HomeDigunakan untuk kembali ke halaman pertama dari sebuah website
     vi.Searchdi gunakan untuk menampilkan jendela pencarian
   vii.FafotitesDi gunakan untuk menampilkan alamat website faforite
 
  • Isi halaman
Isi halaman di gunakan untuk tempat menampilkan halaman web dati suatu website yang sedang di akses
  • Scorling Bar
Scorling bar digunakan untuk menggeser atau melihat tampilan halaman yang ada di atas di bawah yang tidak tampak pada layar monitor.
  • Status bar
Status bar di gunakan untuk menampilkan proses pembukaan halaman web apakah sudah terbuka seluruhnya atau belum. Jika sudah terbuka seluruhnya , maka akan tampilkan kata done. Status bar juga berfungsi untuk menampilkan alamat dari hyperlinks.
  • Task pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila kita mengeklik tombol search.
  1. Istilah-istilah Akes Internet
  • Program Dial-Up
Program Dial-Up adlah program yang terdapat di computer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara computer dengan pemberi jasa Layanan Internet(ISP).
  • Offline
Offline merupakan kondisi dimana koneksi computer kita ke internet dalam keadaan terputus.
 
  • log In
log in adalah proses pemasukan user id dan password . contoh proses login adalah pada saat kita memasukan user id dan password pada saat ingin membuka kontak surat e-mail kita. Berapa halaman web di internet hanya dapat di akses orang yang memilki otoritas.
 
  • Log Out
Log out adalah kebalikan dari log in, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat di akses oleh oleh orang yang memilki otoritas.
  • Protocol
Protocol adalah aturan-aturan yang ada untuk melakukan tuga tertentu.
  • Download
Proses pengambilan file dari sebuah computer server di internet ke computer yang kita gunakan ( computer client )
  • Upload
Upload adalah proses penempatan file dari computer kita ke sebuah computer server di internet.
  • Freeware
Freeware adalah program yang di tempatkan di internet dan di bagikan secara gratis.
  • Shareware
Shareware adalah progam komputer din internet dapat kita ambilatau download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.
  • GIF ( Grafhical Interchange Format)
Suatu format file gambar yang mempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang di tempatkan di internet.
  • JPEG (joint Photographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang ada di internet dengan ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyak .
  • SPAM
Spam adalah pengiriman pesan yang tidak di inginkan seperti yang tidak penting, e-mail berantai , iklan dan sebagainya.

LAYANAN DAN FASILITAS-FASILITAS YANG TERSEDIA DI INTERNET
  • E-mail Sebagai Sarana Komunikasi
Kemajuan internet banyak mempengaruhi kehidupankita,termasuk dalam hal komunikasi melelui surat. Surat-menyurat dengan cara konvensional sudah banyak di tinggalkan. Hal ini di sebabkan internet memungkinkan kita mengirim surat dalam bentuk elektronik yang jauh lebih menguntungkan dari pada surat-menyurat biasa.Surat elektronik dapat di kirimkan dengen biaa yang lebih murah dan sampai dalam waktu yang lebih cepat
Pada subbab ini,kita akan membahas tentang surat elektronik, cara memanfaatkannya sebagai arana komunikasi,mengelola surat elektronik,dan juga etika-etika yang perlu di perhatikan saat menggunakannya sebagai sarana komunikasi.
 
  1. 1.      Pengertian E-mail
Surat elektronik atau lebih di kenal istilah elektronik mail dan sering di singkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak di gunakan.Hal ini di sebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail, kita dapat mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah.E-mail yang di kirim akan sampai di alamat yang di tuju sesaat setelah e-mail terebut di kirimkan.Biaya yang di keluarkanpun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan email tersebut.
Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si pengirim akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga dengan e-mail masing-masing orang mempunyei alamat e-mail sendiri-sendiri.Jika kita ingin mengirimkan email, kita tinggal mengirimkan ke alamat email orang tersebut e-mail kita akan di temukan ketika orang tersebut masuk ke kotak emailnya.
a.POP MAILPOP mail adalah e-mail yang di terima melalui internet Service Provider yang menjadi langganan kita
Kelebihan POP mail adalah dapat di baca dalam kondisi office (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat di lakukan dengan cara menghubungkan dengan internet kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet . setelah itu , kita dapat membaca satu persatu e-mail yang di terima . setelah membaca dan membuat balasan e-mail yang sudah dibuat . dengan cara seperti ini , kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet , sehingga biaya akses internet jauh lebih murah.
b. EMAIL BERBASIS WEBEmail berbasis web ini adalah layanan e-mail yang di tawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti yahoo, hotmail, lovemail, plasa.com, dan lain-lain. Layanan email jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan . ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis web. Selain itu kita dapat mengecek email dari mana saja.
Kekurangan dari email jeni ini adalah kita bisa membaca e-mail hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi internet yang lebih besar. Walaupun demikian wesite penyedia jasa layanan e-mail juga di sertai dengan fasilitas POP3.
c. EMAIL FORWARDINGe-mail forwading adalah layanan e-mail yang menerukan e-mail yang telah di terimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti ganti alamat e-mail .
kelibihan e-mail forwading adalah kita dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya . selain itu , bila kita mengganti alamat e-mail , kita tidak perlu member tahu alamat e-mail yang baru . kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya.
Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perrantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke dalam .

Manfaat Internet Bagi Pelajar, Pendidikan dan Masyarakat1)      Manfaat internet bagi pelajar dan dunia pendidikan
  1. Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
  1. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
  1. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
  1. Sebagai Sarana Komunikasi


2)      Manfaat internet bagi masyarakat
  1.  Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat.
  1. Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan.
  1. Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar.
  1. Balakangan ini sering sekali tentang bisnis online. Kita pun bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet.
  1. Media internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk promosi.
  1. Di sinilah letak manfaat jejaring sosial yang ada di internet. kita bisa menggunakan jejaring sosial apapun untuk berpromosi, atau bahkan membuat situs pribadi yang memuat usaha kita.

Ini adalah artikel yang kami kumpulkan dari berbagai sumber
Yaitu
LKS PENTIUM KELAS IX SMP SEMESTER GENAP
LKS CANGGIH  KELAS IX SMP SEMESTER GENAP
KORAN TEGAL 2009     J
Dan berikut ini contoh KLIPING TENTANG INTERNET yang kedua

INTERNET
Apakah itu internet ?
Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking, yaitu system jaringan kerja yang menghubungkan komputer-komputer dari seluruh dunia, sehingga terbentuk ruang maya. Secara sederhana internet dapat didefinisikan sebagai jaringan (network of network).

Sejarah internet Internet pada awalnya merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969  melalui proyek ARPA (Advances Research Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan komputer-komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini sering disebut ARPANet. Mereka menghubungkan beberapa komputer berbasi UNIX melalui system telepon dalam jarak yang jauh sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.
Dalam proyek ini dirancang bagaimana bentuk jaringan, kehandalan dan beberapa besar data atau informasi yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain.
Jaringan pertama yang dibangun menghubungkan 4 tempat, yaitu UCLA(University of California Los Angles), UCSB(Univetsity of California Santa Barbara), University of Utah, dan SRI (Stanford Research Institute). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghbungkan lebih dari 20 komputer. ARPANet menjadi backbone internetworking untuk institusi pendidikan, penelitian, industry, dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan militer.
Apa saja yang dapat dilakukan internet?Melalui internet kita dapat memperoleh data atau informasi dengan cepat dan murah. Kita dapat berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia dengan biaya yang relarif murah. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan dengan internet antara lain browsing/surfing, searching, e-mail, chatting, download, upload dll.
  1. Browsing / Surfing, adalah menjelajah internet dengan tujuan untuk mendapatkan informasi atau data. Informasi yang ada di internet pun bermacam-macam jenisnya dapat berupa gambar, suara, video, artikel dan sebagainya, aktifitas ini menggunakan software seperti Mozila Ferox, Internet Explorer, google chrome dll.
  1. Searching, adalah kegiatan mencari atau memperoleh informasi atau memperoleh informasi yang kita inginkan dengan bantuan mesin pencari (search engine).
  1. E-mail, adalah singkatan dari Electronic mail, yang didalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Seperti namanya, fungsinya juga sama dengan surat, yaitu untuk mengirimkan data atau informasi. Hanya saja e-mail tidak berbentuk kertas.
  1. Chatting, dapat diartikan mengobrol atau bercakap-cakap, yaitu salah satu cara berkomunikasi antar pengguna internet melalui sebuah tempat pertemuan virtual (maya).
  1. Download, adalah proses pengambil file dari internet untuk disimpan dikomputer kita.
  1. Upload, adalah proses mengirim file dari komputer kita ke internet.



Manfaat dan Peranan InternetJika kita mengakses ke internet, maka kita dapat  memperoleh banyak informasi diantara nya sebagai berikut :
☻    Informasi untuk kehidupan pribadi sebagai hobby, rekreasi, pengembangan pribadi, rohani, sosialisasi dan lain sebagainya.
☻    Informasi untuk dunia pendidikan dan pekerjaan seperti Sains, teknologi perdagangan, saham, komonditas, bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan lain sebagainya.
Internet mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, dengan hanya menggunakan mesin pencari seperti google, pengguna internet dapat mengakses bermacam-macam informasi dengan lebih mudah jika dibandingkan mencari buku di perpustakaan.
i.            e-Learning, adalah suatu jenis pendidikan atau suatu proses belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektrinik untuk penyampaian bahan materi ke siswa melalui media internet.
ii.            e-Government, pada bidang pemerintahan internet juga berperan aktif dalam transparasi pelaksanaan pemerintahan melalui government.
iii.            e-commerece, perkembangan internet juga berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi, sebelum ada internet, transaksi jual beli hanya dapat dilakukam dengan tatap muka dan sebagian kecil melalui telepon. Namun, sengan adanya internet proses jual beli dapat melalui internet, terbukti sekarang banyak orang berlomba-lomba untuk menjual melalui internet yang biasa disebut Online Shop.
iv.            e-Baking, adalah aktivitas perbankan yang dilakukan melalui internet. Transaksi yang dapat dilakukan melalui e-baking adalah pengecekan saldo, tramsfer uang, pembayaran tagihan, informasi rekening, dan sebagainya.


Source : Henry Pandia, “ Teknologi Informasi dan Komunikasi”, penerbit Erlangga, Jakarta, 2007.
 Demikianlah contoh KLIPING TENTANG INTERNET ,silakan tinggalkan komentar untuk meminta contoh KLIPING dengan judul/materi yang lain

No comments:

Post a Comment